Rabu, 25 Mei 2016

Manajemen agroindustri - Strategi Lokasi




Teknologi Industri Pertanian – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)
Strategi Lokasi
  

  •  Aktivitas perencanaan fasilitas, dapat dibagi :

o   Perencanaan lokasi usaha
o   Perencanaan tata letak (layout) tempat usaha  

  • Perencanaan lokasi usaha :

o   Penentuan lokasi pabrik
o   Perencanaan bangunan pabrik
o   Penyusunan peralatan pabrik
o   Penerangan, pengaturan suara, dan usaha dalam pabrik

  • Pemilihan lokasi pabrik :

o   Penentuan atau pemilihan lokasi pabrik adalah penting, karena mempengaruhi kedudukan perusahaan dalam persaingan, dan kelangsungan hidupnya
o   Penentuan lokasi pabrik juga harus mempertimbangkan kemungkinan ekspansi 

  • Tujuan perencanaan lokasi pabrik :

o   Agar dapat melayani konsumen dengan baik
o   Untuk mendapatkan bahan baku yang baik dan kontinyu
o   Untuk mendapatkan tenaga kerja yang baik
o   Untuk keperluan usaha dikemudian hari
o   Agar operasi perusahaan dapat berjalan optimal
o   Menyesuaikan kemampuan perusahaan

  • Sedangkan bagi perusahaan yang telah beroperasi sebelumnya :
  1. Berpindahnya pusat kegiatan bisnis 
  2. Berubahnya adat kebiasaan masyarakat 
  3. Berpindahnya konsentrasi perumahan 
  4. Adanya sarana prasarana yang lebih baik 
  5. Untuk meningkatkan kapasitas produksi 
  6. Peraturan pemerintah 
  7. Persaingan yang ketat
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi lokasi pabrik :
  1. Letak pasar 
  2. Bahan baku 
  3. Tenaga kerja 
  4. Masyarakat 
  5. Peraturan pemerintah 
  6. Listrik, air, dan telepon 
  7. Transportasi 
  8. Sarana yang mendukung
  • Kendala (tak terduga) dalam pemilihan lokasi :
  1. Lokasi sulit mendapatkan tenaga kerja 
  2. Lokasi dengan harga tanah murah, tetapi kondisinya jelek sehingga perlu biaya mahal untuk membuat pondasi 
  3. Lokasi diluar kota dengan harga murah, tetapi fasilitas prasarana jalan dan sarana transportasi tidak memadai
  •  Metode-metode pemilihan lokasi :
  1. Metode faktor rating (pemeringkatan faktor)
Faktor rating adalah suatu pendekatan umum yang berguna untuk mengevaluasi dan membandingkan berbagai alternatif lokasi. 
Prosedur penyusunan faktor rating adalah sebagai berikut : 
a. Tentukan faktor-faktor yang relevan dan ikut sertakan dalam analisis meskipun mempunyai nilai sama untuk berbagai alternatif

b. Berikan bobot pada setiap faktor yang menunjukkan tingkat kepentingan faktor lainnya
c. Tentukan skala penilaian terhadap semua faktor
d. Berikan nilai pada setiap alternatif lokasi
e. Kalikan bobot dengan nilai untuk setiap faktor, dan jumlahkan untuk setiap alternatif lokasi
f. Pilihlah lokasi dengan total nilai tertimbang yang terbesar

2. Metode analisis nilai ideal
Metode analisi nilai ideal ini serupa dengan faktor rating. Bedanya hanya bobot menunjukkan nilai ideal untuk setiap faktor. Cara ini lebih sederhana, karena nilai maksimum setiap faktor sama dengan nilai idealnya.
3. Metode analisis nilai ekonomi
Metode analisis ekonomi menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara bersama-sama untuk mendapatkan penilaian yang lebih lengkap. 
Penilaian kuantitatif dilakukan dengan cara membandingkan total biaya operasi dari masing-masing altenatif lokasi, sedangkan penilaian kualitatif dilakukan dengan membandingkan faktor-faktor lain yang tidak bisa diukur dengan rupiah dan dikonversi dengan angka. Dari penilaian kuantitatif dalam penilaian kualiatif ini akan terlihat man yang mempunyai biaya operasi yang terendah dan nilai faktor biaya yang tertinggi.
4. Metode analisis volume biaya 
Metode analisis volume biaya menekankan pada faktor biaya dalam memilih suatu lokasi yaitu dengan membandingkan total biaya produksi dari berbagai alternatif lokasi. Lokasi dengan total biaya produksi yang terendah untuk suatu volume produksi tertentu merupakan lokasi yang dipilih.
Metode ini menggunakan asumsi biaya tetap dianggap konstan untuk jarak tingkat volume tertentu, biaya variabel dianggap linier, tingkat produksi yang dikehendaki diketahui dan hanya berlaku untuk satu jenis produk
5. Metode pusat grafiti
Pendekatan ini dimulai dengan membuat peta berskala dari tempat-tempat yang akan dituju dengan memilih suatu titik sembarang sebagai titik pusat koordinasi. Jarak dari satu tempat ke tempat yang lain diasumsikan berupa garis lurus, dan biaya distribusi per unit barang per kilometer dianggap sama sehingga lokasi yang terbaik dapat di peroleh dengan menggunakan rumus sebagai berikut :

X = (∑ Xi.Vi)/ ∑ Vi       dan       Y = (∑ Yi.Vi)/∑ Vi

6. Metode transportasi
Metode transportasi adalah salah satu metode dalam riset operasi yang dapat dipergunakan dalam memilih suatu lokasi perusahaan . Metode ini pada prinsipnya mencari nilai optimal yang dapat diperoleh dengan memperhitungkan pemenuhan permintaan dan penawaran dengan biaya transportasi yang terendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar